Pola kalimat Nakereba narimaseng (なければなりません)

Pola kalimat nakereba narimaseng atau nakerebanaranai merupakan pola kalimat yang mengandung makna keharusan yang didasari oleh kewajiban untuk melakukan suatu hal, kewajiban yang menyatakan suatu pandangan umum dalam masyarakat maupun kewajiban diri sendiri.

Pola kalimat Nakereba narimaseng (なければなりません)
Ingat ya kawan, pola kalimat Nakerebanarmasen inii memiliki nuansa kewajiban yang datang dari diri sendiri atau dari orang lain, dan bersifat kuat sehingga tidak ada pilihan dari pelaku untuk tidak melakukannya. :D

Pola Kalimat:
KK Bentuk Nai + Nakerebanarimasen
Harus . . .
Cara menjadikan kata kerja bentuk nai menjadi kata kerja yang harus dikerjakan adalah dengan cara ganti NAI dengan NAKEREBA NARIMASEN. Misalnya : tabenai menjadi tabenakerebanarimasen, ikanai menjadi ikanakerebanarimasen, benkyoushinai menjadi benkyoushinakerebanarimasen.

Contoh Kalimat:
かぞくのためにはたらかなければなりません。
Kazoku no tameni hatarakanakerebanarimasen
Saya harus bekerja demi keluarga
Kewajiban orang yang sudah berkeluarga adalah memberi nafkah kepada keluarganya, salah satu cara untuk menafkahi keluarganya adalah dengan cara bekerja.

やくそくがありますから、もう行かなければ行けません。
Yakusoku ga arimasu kara, mou ikanakerebaikemasen.
Karena ada janji, saya harus pergi lagi.
Bahwa penggunaan bentuk nakerebanaranai memiliki makna hal yang dilakukan tersebut merupakan hal yang sudah seharusnya terjadi. Oleh karena itu, maka sudah menjadi kewajiban orang yang sudah berjanji untuk menepati janjinya.

くすりをのまなければなりません。
Kusuri o nomanakerebanarimasen.
Harus minum obat.
Memiliki makna harus meminum obat (jika tidak diminum obatnya maka tidak akan sembuh dari penyakit yang dideritanya)

本をかえさなければなりません。
Hon o kaesanakerebanarimasen.
Saya harus mengembalikan buku
Ketika kita meminjam barang dari orang lain maka kewajiban kita adalah untuk mengembalikan barang tersebut.

あしたしけんがありますから、べんきょうしなければなりません。
Ashita shiken ga arimasukara benkyoushinakerebanaranai.
Karena besok ada ujian, saya harus belajar.

Bentuk nakerebanarimasen menyatakan makna kepentingan atau kewajiban dalam menyatakan pandangan umum yang berdasarkan kepada kaidah sosial. Dalam situasi kalimat di atas menyatakan kewajibannya untuk menghadapi kenyataan. Kewajiban ini muncul berdasarkan pada kaedah sosial yang ditunjukkan dalam nilai masyarakat atau pandangan umum. Dalam masyarakat umum sudah terdapat aturan agar setiap manusia harus menghadapi kenyataan dalam hidup.

0 Response to "Pola kalimat Nakereba narimaseng (なければなりません)"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2