Pola Kalimat tewaikemasen (て+はいけません)

Pola Kalimat tewaikemasen (て+はいけません) - Pola kalimat ini biasanya digunakan untuk larangan dan penertiban. Orang yang menggunakan pola ini biasanya adalah guru kepada siswa-siswanya, orang tua kepada anaknya, peraturan–peraturan ditempat umum ataupun pihak tertentu. Ungkapan ini juga mempunyai kesan larangan dan perintah yang kuat. Umumnya ungkapan ini banyak digunakan sebagai ungkapan larangan yang berhubungan dengan peraturan masyarakat, moralitas dan sopan-santun.
Pola Kalimat tewaikemasen (て+はいけません)
Pola Kalimat:
Kata Kerja Bentuk て + はいけません
Tidak boleh . . .

Contoh Kalimat:
たばこを吸ってはいけません 
Tabako o sutte wa ikemasen
Tidak boleh merokok
Kalimat di atas bisa digunakan oleh orang tua kepada anaknya ataupun dokter kepada pasiennya. Agar orang tersebut tidak merokok lagi.

パーク内でスケートボードはしてはいけません
Paakunai de sukeeto boodo wa shite wa ikemasen
Dilarang bermain skate board di dalam taman
Kalimat tersebut dijumpai di sebuah taman. Jika dilihat dari tempatnya, kalimat tersebut dituturkan oleh pengelola taman. Tujuannya adalah melarang pengunjung taman agar jangan bermain skate board di dalam taman.

あぶない!ここで遊んではいけません
Abunai! Koko de asonde wa ikemasen
Berbahaya! Jangan bermain disini
Kalimat tersebut biasanya dijumpai di lahan yang berbahaya atau bisa menimbulkan kecelakaan. Tujuannya adalah melarang seseorang agar jangan bermain di tempat tersebut, karena berbahaya.

道路で遊んではいけません 
Douro de asonde wa ikemasen
Tidak boleh bermain di jalanan
Penuturan kalimat ini dilakukan oleh orang tua kepada kepada ananya, agar si anak tidak bermain di jalanan.

Pola Kalimat tewaikemasen (て+はいけません) merupakan larangan bentuk sopan, kalau bentuk biasa tinggal mengganti masen menjadi nai. Maka menjadi tewaikenai (てはいけない). Demikian artikel tentang Pola kalimat tewaikemasen (てはいけません) semoga dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih

0 Response to "Pola Kalimat tewaikemasen (て+はいけません)"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2